PERAN PEMUDA DALAM PEMBANGUNAN PARIWISATA

6 Jan

Sejarah bangsa telah membuktikan bahwa Pemuda sangat berperan dalam pembentukan Negara Kesatuan sejak awal. Olehnya itu, peran Pemuda harus terus diberdayakan untuk memajukan berbagai sendi perekonomian masyarakat.

Isabella, seorang pelaku budaya berharap bahwa pemuda harus terlibat dalam memajukan budaya kita yang sungguh unik di mata dunia. Salah satu contoh, mereka harus tahu berbahasa Inggris.

“Bagaimana memberikan pelayanan dan informasi yang baik kepada para wisatawan jikalau warga terutama pemuda tidak fasih berbahasa Inggris” ungkap Isabella, yang juga Manager Marketing Toraja Heritage Hotel kepada kabar-toraja.com, belum lama ini.

Selain bahasa, menurutnya, Pemuda juga diharapkan punya wawasan yang luas tentang kepariwisataan itu sendiri dengan terampil dan mampu mengakses informasi dari berbagai media sosial maupun informasi langsung.

“Contoh saja yang saya amati, dulunya Turis sering menggunakan jasa guide untuk datang ke Toraja. Tetapi sekarang dengan luasnya arus informasi kebanyakan para turis jalan sendiri dengan menyewa ojek. Dalam hal ini saya mengajak para driver untuk tidak sekedar tahu mengemudikan mobil wisata tapi harus berupaya unttuk tahu bahasa Inggris, agar sekaligus menjadi guide bagi para pelanggan mereka” tambah Isabella.

Ditempat terpisah, seorang budayawan dan juga presenter budaya Toraja, Y. M Rakka, saat ditemui kabar-toraja.com, di sebuah acara pernikahan di Kelurahan Manggau, Kecamatan Makale, kabupaten Tana Toraja, Selasa, (28/8/2012), mengatakan, peran Pemuda dapat diwujudkan pula dengan pengenalan sejarah dan sastra Toraja yang sarat dengan makna yang sangat mendalam dan penuh arti yang membantu entitas keTorajaannya.

“Karena itu saya sering mengajak para pemuda dan juga mahasiswa yang tertarik dengan pengkajian budaya terutama Sastra Toraja untuk berdiskusi dan mengambil langkah strategis untuk mempertahankan budaya itu. Minimal memberikan informasi kepada generasi muda tentang khazanah nilai budaya yang tercantum di dalam manifestasi budaya itu sendiri misalnya ukiran, tarian, musik, dan bahasa Toraja” ungkapnya.

Kegiatan ini (pengenalan budaya dan satra Toraja_red), menurutnya, bertujuan untuk menjaga agar mereka (Pemuda_red) tidak hilang entitas Ketorajaan dalam dirinya, dan senantiasa menghidupinya nilai-nilai kehidupan yang ada dalam beragam wujud budaya Toraja.

“Dengan demikian, kami yang sudah tua ini dapat digantikan oleh pemuda yang berbakat. Dan secara tidak langsung membantu perkembangan pariwisata Toraja” tambah Y.M Rakka.

“Kita berharap Pemerintah punya konsep yang jelas yang mendorong peran kawula muda yang masih punya semangat untuk terlibat dalam upaya memajukan Pariwisata Toraja baik di Tana Toraja maupun Toraja Utara” tutup Y.M Rakka yang lebih dikenal sebagai salah satu Tomina yang berasal dari daerah Sangalla’.

SOURCE : http://kabar-toraja.com/component/content/article/32-headline/3235–peran-pemuda-penting-untuk-pengembangan-pariwisata-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: