pemerataan dan kualitas penduduk d indonesia

27 Oct

PEMERATAAN PENDUDUK DAN KUALITASNYA

Pemerataan penduduk :

Pemerataan penduduk di Indonesia sangatlah tidak merata. Ada beberapa daerah yang terlalu padat penduduknya seperti Jakarta. Besarnya sumber daya manusia Indonesia dapat di lihat dari jumlah penduduk yang ada. Jumlah penduduk di Indonesia berada pada urutan keempatterbesar setelah Cina, India, dan Amerika Serikat. Kepadatan penduduk merupakan perbandingan jumlahpenduduk terhadap luas wilayah yang dihuni. Ukuran yang digunakan biasanya adalah jumlsh penduduk setiap satu km2atau setiap1mil2 permasalahan dalam kepadatanpenduduk adalah persebarannya yang tidak merata. Kondisi demikian menimbulkan banyakpermasalahan, misalnya pengangguran, kemiskinan, kriminalitas, pemukiman kumuh dsb.

Kualitas penduduk : 

penduduk dari desa kekota, pemerintah mengupayakan berbagai program berupapemerataan pembangunan hingga ke pelosok, perbaikan sarana dan prasaranapedesaan, dan pemberdayaan ekonomi di pedesaan.

Permasalahan Kualitas Penduduk di Indonesia

Tingkat Kesehatan : Kondisi kesehatan di Indonesia masih belum ada kemajuan. Dibandingkandengan Negara yang lain Indonesia masih tertinggal jauh. Kondisi demikian terjadi karenamasih rendahnya pelayanan kesehatan. Pelayanan kesehatan yang ada masih belummemenuhi kebutuhan seluruh penduduk.

Tingkat pendidikan : Merupakan modal pembangunan yang penting disamping kesehatan.Kemajuan pendidikan di Indonesia dapat dilihat dari lama sekolah dan tingkat melek huruf penduduk.

Lama Sekolah: lama sekolah seseorang dapat menunjukan tingkat pendidikannya. Lamasekolah penduduk Indonesia masih tergolong rendah. Artinya, tingkat pendidikanmasyarakat Indonesia rata-rata masih berada pada taraf pendidikan dasar.

Tingkat melek huruf : seseorang dikatakan melek huruf jika orang tersebut dapatmembaca atau tidak buta huruf. Kemajuan tingkat melek huruf di Indonesia tergolongpesat.

Tingkat Pendapatan per Kapita

(Percapita Income=PcI) : adalah rata-rata pendapatanpenduduk suatu Negara dalam satu tahun. Pendapatan perkapita secara umummenggambarkan kemakmuran suatu Negara

Leave a comment